E-learning Sebagai Program Pembelajaran

E-learning merupakan suatu teknologi informasi yang realtif baru di Indonesia. E-learning terdiri dari dua bagian, yaitu ‘e’ yang merupakan singkatan dari ‘elektronic’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi e-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer.
Sumber: http://kolumnis.com/2008/06/14/pengembangan-sistem-belajar-mandiri-berbasis-e-learning/
Seperti Universitas Gunadarma yang telah menggunakan konsep E-learning pada beberapa Fakultas. Salah satunya fakultas Sistem Informasi. Berdasarkan pernyataan beberapa mahasiswa dari fakultas tersebut, dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran dengan e-learning dirasakan kurang memiliki manfaat yang besar. Selain cara belajar melalui media internet dan tidak bertemu langsung dengan dosen pengampu yang menyebabkan kurang dimengertinya materi yang diberikan, juga berpengaruh pada hasil akhirnya.
Beberapa dosen yang menggunakan program pembelajaran e-learning, memberikan pertanyaan-pertanyaan (kuis) melalui media yang sama. Hal ini memungkinkan terjadinya eror pada sistem komputer. Sehingga menyebabkan hasil penilaian yang tidak sesuai dengan hasil yang seharusnya diperoleh.
Sumber: Mita Oktawiranti, Hendy Ravasia, dan Fauziah; Mahasiswa Fakultas Sistem Informasi.
Penggunaan program e-learning dalam pembelajaran dapat dimaksimalkan dengan pemanfaatan teknologi informasi dengan lebih maksimal. Misal, Dosen pengampu dan mahasiswa dapat menggunakan fasilitas teleconference.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: